Pulau Tunda: Eksotisme di Utara Teluk Banten

l2393_1Pulau Tunda adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, yaitu di sebelah utara Teluk Banten. Pulau seluas 257,5 hektar ini secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. Secara geografis, pulau ini terletak di koordinat 5°48’43” LS dan 106°16’47” BT. Berdasarkan data kependudukan pada tahun 2007, pulau ini dihuni oleh sekitar 3000 jiwa. Sebagian besar penduduk pulau ini merupakan nelayan dan petani, hanya sebagian kecil yang merupakan pedagang perantara.
Di pulau ini hanya terdapat satu desa, yaitu Desa Wargasara dengan dua dusun, yakni Kampung Barat dan Kampung Timur. Kedua kampung ini dapat dikunjungi dengan trekking menyusuri kebun dan area pepohonan kelapa yang banyak tumbuh disepanjang pantai. Wargasara diartikan sebagai desa yang warganya taat kepada hokum. Konon nama desa ini diberikan oleh almarhum tokoh masyarkat di kala itu yang bernama H. Mohammad Toha yang menjabat sebagai Kepala Desa. Sementara penamaan pulau Tunda, konon menurut cerita, dahulu pulau ini sering dijadikan tempat persinggahan kapal-kapal pengangkut barang yang akan menuju Serang dan sekitarnya. Namun tidak ada catatan resmi mengenai hal ini.
pulau-tundaPulau kecil berbentuk lonjong ini ternyata menyimpan panorama bawah air yang cukup indah. Terumbu karang berwarna-warni dengan berbagai bentuk dapat dengan mudah kita jumpai disekitar perairan di pulau ini. Terumbu karang ini menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan hias yang tampak berseliweran. Umumnya terumbu karang yang dijumpai adalah karang dengan tipe Pertumbuhan Karang Tepi atau Fringing Reef yang hidup di perairan dangkal dengan kedalaman sekitar 1-10 meter. Terumbu karang ini dapat kita jumpai di sebelah utara pulau Tunda. Hal ini karena sebelah selatan banyak dijumpai aktivitas manusia, sedangkan bagian timur hingga tenggara pulau ini memiliki kondisi arus yang cukup kuat sehingga daerah tersebut lebih sering dijadikan lokasi Drift Diving. Sementara di sisi selatan hingga sisi timur pulau ini banyak kita jumpai tanaman mangrove.
lumba-lumbaPerairan di pulau Tunda merupakan salah satu lintasan lumba-lumba. Tidak heran kita akan menemukan sekelompok ikan lumba-lumba yang berenang di samping perahu kita. Kadang kita jiga akan menjumpai ikan lumba-lumba dalam ukuran yang cukup besar. Selain ikan lumba-lumba yang suka bermain di perairan pulau Tunda, ternyata karena kondisi bawah lautnya yang masih sangat terjaga sehingga merupakan tempat habitat hidup berbagai macam jenis ikan. Tidak heran banyak yang datang ke pulau ini hanya sekedar untuk memancing.
Suasana alam pulau Tunda yang masih asri dan jauh dari hirup pikuk keramaian akan menambah kenyamanan pengunjung menikmati keindahan alamnya. Umumnya wisata pantai, maka jangan lewatkan kesempatan berburu sunrise dan sunset selama berada di pulau ini. Selain dermaga yang merupakan lokasi favorit menikmati keindahan sunrise dan sunset, kita juga bisa menikmati semburat cahaya kuning yang akan kembali ke peraduannya dari atas mercusuar.
Transportasi
Peta_Banten_UtaraBagi yang dari Jakarta, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan anda menuju Serang, setelah tiba di Serang, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Karang Antu. Sementara yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa menumpang bus jurusan Serang. Setelah tiba di terminal Pakupatan, Serang, lanjutkan perjalanan dengan menumpang angkutan menuju pelabuhan Karang Antu. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal ± 1 jam untuk mencapai pulau Tunda.
Akomodasi
Sangat disayangkan potensi wisata yang ada di pulau ini belum dilirik oleh pemerintahan setempat. Sehingga pengembangan infrastruktur terkait perkembangan pariwisata masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat pulau Tunda. Jangan kaget jika listrik di pulau ini tidak menyala 24 jam, karena pasokan utama listrik berasal dari generator atau genset, sehingga listrik hanya menyala menjelang malam hingga pagi hari.
Bagi yang berkunjung ke pulau Tunda, anda bisa menginap di homestay atau rumah penduduk. Tentunya dengan fasilitas apa adanya. Begitu pula dengan makanan, umumnya sajian yang dihidangkan adalah seafood, seperti ikang bakar, cumi bakar, dan lain sebagainya.
Untuk informasi paket perjalanan ke pulau Tunda, klik disini http://wp.me/P4HVuI-hN
Advertisements